Selasa, 02 April 2024

Kapolres Mateng Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Marano-2024

MAMUJU TENGAH - Dalam rangka kesiapan menjelang Operasi Ketupat 2024, yang bertujuan untuk memastikan keamanan selama arus mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H, Kapolres Mamuju Tengah (Mateng) AKBP Amri Yudhy S, S.I.K., M.H memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat Marano-2024” di Halaman Mapolres Mateng pada Rabu (3/4/2024).

Apel tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan instansi lainnya.

Kapolres Mateng AKBP Amri Yudhy S, S.I.K., M.H, dalam membacakan amanat Kapolri, menjelaskan bahwa Operasi Ketupat Marano 2024 dilaksanakan untuk mengamankan arus mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H selama 13 hari mulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Menurut survei Indikator, kepuasan masyarakat terhadap penanganan arus mudik tahun 2023 meningkat menjadi 89,5%, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Presiden Joko Widodo juga memperingatkan akan peningkatan jumlah pemudik yang signifikan pada tahun ini, menekankan perlunya kesiapan dan koordinasi yang lebih baik.

Di Polres Mamuju Tengah, telah disiapkan 3 pos, termasuk 1 pos pelayanan di tugu benteng Tobadak dan 2 pos pengamanan di kompleks pasar Topoyo dan di jalan poros desa Polohu kec. Budong-budong. Pos-pos tersebut bertugas memberikan pelayanan dan mengatasi potensi gangguan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam selama libur panjang Idul Fitri.

Pentingnya menjaga keamanan dari gangguan kamtibmas juga menjadi fokus, dengan dilaksanakannya patroli di jam-jam rawan dan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan. Stabilitas harga dan ketersediaan barang pokok serta BBM juga harus dijaga, dengan meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait.

Koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan pihak terkait lainnya juga sangat ditekankan, termasuk strategi komunikasi publik yang baik guna memberikan pengalaman mudik yang aman, ceria, dan bermakna bagi pengguna jalan serta untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

Dalam penutupan apel, apresiasi setinggi-tingginya disampaikan kepada seluruh personel pengamanan dan pihak terkait atas partisipasinya. Dengan sinergi yang baik, diharapkan keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini dapat tercapai. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat Islam. Semoga kita dapat menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci.

0 comments:

Posting Komentar