Kamis, 16 Maret 2023

Peringati HUT PPNI Ke-49 Tahun, DPD PPNI Mateng Gelar Baksos dan Senam Sehat


Mamuju Tengah - Pengurus Dewan Perwakilan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Mamuju Tengah Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) PPNI Ke-49 Tahun menyelenggarakan Bakti Sosial dan senam sehat Dengan tema "Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme"
Jumat (17/3/2023).

Di hadiri oleh Sekretaris Daerah, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mamuju Tengah, Ketua Darma Wanita, Ketua IKKD Mamuju Tengah, Wakapolres Mamuju Tengah, Ketua DPP Kabupaten Mamuju Tengah, Pejabat Eselon III Mamuju Tengah, Pejabat Eselon IV Mamuju Tengah, Dewan Pembina PPNI Kabupaten Mamuju Tengah, Kepala Desa Tobadak, Perwakilan OKP, dan Sejawat Se-Kabupaten Mamuju Tengah di KTM Benteng Desa Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah.
Dalam sambutannya Akhmad Furqan, S. Kep, Ns., M. M. Kep selaku Ketua Panitia HUT PPNI Ke-49 Kabupaten Mamuju tengah mengatakan bahwa Dalam rangka memperingati HUT PPNI kegiatan bakti sosial di tempat yang sama juga dilaksanakan senam bersama Lingkup Pemerintahan dan Sejawat Se-Kabupaten Mamuju tengah, kerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Mamuju Tengah yang digelar di Pendopo Rujab DPRD Mamuju Tengah Selain itu juga disediakan pos pemeriksaan kesehatan dan sunatan gratis. 

"Jumlah perawat di Mamuju Tengah sejumlah 400 yang tersebar di 11 puskesmas, Rumah Sakit dan instansi kesehatan lainnya" Jelasnya 

Sementara Ketua DPD PPNI Mamuju Tengah Muasser Gunawan, S.Kep.NS Saat membacakan Sambutan Umum DPP PPNI pada HUT PPNI KE-49 tahun pada Tanggal 17 Maret 2023 mengatakan PPNI telah melalui perjalanan panjang sebagai organisasi satu-satunya profesi Perawat Indonesia
Bukanlah hal yang mudah menjaga kelangsungan sebuah organisasi untuk senantiasa menjadi rumah bagi profesinya. Telah berbagai era dan rezim pemerintahan silih berganti dan PPNI tetap berdiri sebagai mercusuar pergerakan keperawatan Indonesia. Sejak dibentuk tahun 1974 PPNI Telah Terus Berkembang dan terpelihara kesatuannya dimasa yang akan datang.

PPNI selaku organisasi profesi perawat merupakan perwujudan semangat profesi keperawatan dimana seluruh pelayanan keperawatan pada intinya berfokus pada menjaga dan meningkatkan status kesehatan klien Keluarga dan masyarakat. 

Hari ini perawatan menjadi garda terdepan yang siap mengorbankan dirinya dibuktikan pada saat menghadapi pandemi covid 19 banyak perawatan yang menjadi korban.

Mari kita jadikan momen HUT PPNI ini untuk memanjakan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar organisasi ini semakin berkembang dan terpelihara kesatuannya di masa yang akan datang.

Tema HUT PPNI Ke-49 Tahun ini adalah "Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme" hal ini selaras dengan kondisi dan situasi kita saat ini, gapai sejahtera l, kita tahu bahwa sampai saat ini kita masih belum mendapat kesejahteraan sebagimana mestinya selayaknya sebagai sebuah profesi di Indonesia. Masih banyak perawat status honorer dan tenaga kerja di bawah upah minimum di sektor swasta, masih banyak status honorer dan tenaga kerja sukarela di faskes milik pemerintah dan belum sepenuhnya perawat diakui mempunyai keunikan dan kemandirian dalam sistem kesehatan yang menimbulkan perbedaan kebijakan dalam menghargai perawat serta pembelaan hukum dalam melaksanakan profesinya.

Sebelum menutup sambutannya ia memberikan semangat kepada para sejawat yang ada untuk mencintai profesi dengan ketulusan diatas semua kekurangan dan kelemahan.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Drs. H. Askary mengatakan bahwa perawat merupakan pahlawan tanpa tanda jasa di bidang kesehatan semoga kalian semua diberikan kesehatan melanjutkan aktivitas untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa khususnya daerah ini dengan ikhlas dan penuh profesionalisme.

Apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh perawat yang ada seluruh perawat yang ada Khusus di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah.

Kita akui Kondisi perawat kita memang masih membutuhkan perhatian yang serius untuk itu kepada semua pemangku kebijakan untuk memperhatikan dan mengkaji tingkat kesejahteraan perawat di Kabupaten Mamuju Tengah ini

Karena kita ketahui fungsi dan peran perawat bagi kesehatan masyarakat itu sangat penting. Kalau di luar negeri tidak ada perbedaan Antara perawat dan dokter semua bekerja sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Untuk itu di kabupaten Mamuju Tengah kita ingin lihat seperti itu antara dokter dan perawat dan seluruh tenaga medis merupakan tim work yang harus bekerja sama menciptakan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan bekerjasama dan berkolaborasi agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Kita adalah salah satu tim, peran perawat sangat penting untuk itu mari jadikan momentum HUT PPNI ke-49 Tahun ini untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan profesionalisme perawat menjadi tugas kita bersama menjadi perawat kedepan menjadi perawat yang profesional.

Untuk menjadi perawat profesional rumusnya kecil saja niatkan semua pekerjaan secara ikhlas untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa insyaallah semua tantangan dan kelemahan untuk melaksanakan tugas akan kita capai dan lalui dan baik.

"Perawat merupakan pejuang-pejuang kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah dan masyarakat karena sekarang zamannya kita bersatu berkolaborasi, bekerjasama dan bersinergi.
Selamat HUT PPNI semoga PPNI menjadi organisasi dapat mengangkat anggotanya menjadi tenaga-tenaga yang profesional." Tutupnya 

Bakti sosial tersebut juga di banjiri oleh hadiah doorprice yang diundi berdasarkan nomor kupon yang beruntung kepada peserta baik dari Pejabat, Perawat dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

0 comments:

Posting Komentar