Jumat, 03 Februari 2023

BPKPAD dan Dishub Mateng Sosialisasi Aplikasi Retribusi Parkir Elektrik

MAMUJU TENGAH - Sebagai bentuk langkah aksi nyata Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) turun langsung ke jalan sosialisasi terkait uji coba bayar parkir secara elektronik. Jumat 03/01/2023. 

Retribusi bayar parkir secara elektronik atau non tunai, dinilai tepat bagi Pemerintah Daerah karena mampu mempermudah proses pembayaran parkir diera digitalisasi saat ini. Bagaimana tidak mudah, hanya menggunakan handphone genggam kita sudah mampu bayar retribusi parkir dimana saja, sesuai titik-titik yang telah ditentukan. 

Turut hadir Kepala Bidang Pendapatan Badan Keuangan Suharjang, S.Kom, ia secara langsung menjumpai masyarakat dititik-titik jalan dan juga blusukan ke pasar Tradisional yang dianggap strategis untuk menyampaikan informasi tersebut. 

Untuk cara bayar parkir non tunai, cukup scan kode QR atau barcode menggunakan aplikasi yang mendukung QRIS kepada petugas parkir. Bisa juga dengan E-Wallet, M-banking yang sudah mendukung aplikasi QRIS, setelah itu secara otomatis akan terkonfirmasi pembayaran telah selesai. 

Dalam memudahkan bayar parkir non tunai ini, telah tersedia aplikasi PARKEE yang digunakan oleh petugas parkir dalam melayani pengguna transportasi atau masyarakat saat ingin membayar parkir non tunai. Inovasi ini juga berangkat dari evaluasi para petugas parkir yang terkadang kesulitan dalam menagih masyarakat dalam membayar parkir, lantaran tidak memiliki uang kecil pecahan seperti Rp. 2000 atau 5000. Kemudian hasil parkir juga tidak memenuhi target pemasukan kas Daerah. 

Tim Pendapatan di Badan Keuangan juga bersinergi dengan Dinas Perhubungan (DISHUB), untuk mensosialisasikan hak tersebut. Turut hadir Kepala Dishub, Sigit Dwi Hastono beserta stafnya. Karena pajak retribusi sangat berhubungan erat dengan lingkup kerja Dishub. 

Harapannya, informasi uji coba bayar parkir elektronik atau non tunai ini mampu tersampaikan ke Masyarakat dan bisa diterima serta dipahamin. Untuk tindaklanjutnya akan tetap dievaluasi sejauhmana keberhasilan dan respon masyarakat terkait program ini untuk mengambil kebiakan selanjutnya.

0 comments:

Posting Komentar