Rabu, 25 Januari 2023

Ketua DPRD Mateng Hadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa

Kepala Desa (kades) adalah garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan wakil Bupati Mamuju Tengah H. Amin Jasa saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mamuju Tengah di aula Kantor Bupati Mamuju Tengah, Kamis 26/01/2023

Dalam sambutannya Wakil Bupati 2 Periode di Bumi Lalla' Tassisara tersebut mengatakan Permasalahan banyak timbul di Desa karena Desa bagian daripada Kecamatan dan Kabupaten olehnya pada kesempatan hari ini kita lakukan pencerahan dan pembekalan.

“Untuk itu Saya berharap momentum hari ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menyerap materi, apalagi Kades saat ini mengelola begitu banyak dana, kita berharap agar tanggungjawab yang diberikan oleh negara kepada Kades dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar tidak terjadi hal hal yang merugikan masyarakat,” jelasnya 

Lebih jauh Ia menambahkan Kades dipilih oleh rakyat, sehingga tanggungjawab kades itu membawa masyarakatnya menuju sejahtera, dengan itu Pemerintah merasa perlu memberikan Dana untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk memberikan kesejahteraaan atau kepentingan masyarakat.

“Hari ini DPMD Mateng melakukan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dengan tema Pencegahan Penyalahgunaan Kewenangan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, di Desa itu ada undang-undang yang mengatur yakni Undang-undang Desa sehingga menjadi pedoman dan acuan bagi para Kades untuk melaksanakan tugasnya,” jelasnya.

“Semoga hari ini saudara saudara Kades dapat memanfaatkan waktunya untuk memperoleh materi agar menjadi bekal kades melaksanakan tugas di desanya masing-masing dan semoga kegiatan kita hari ini membuahkan hasil yang bagus terutama hal hal yang berkaitan dengan masalah hukum,” Harapnya 

Dengan Mengangkat tema "Pencegahan Penyalahgunaan Kewenangan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa" pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa tersebut Dinas PMD Kabupaten Mamuju Tengah menghadirkan Ketua DPRD Mamuju Tengah, AKBP. Amri Yudi, S.I.K, M.H., Kapolres Mamuju Tengah, Subekhan, S.H.,M.H, Kajari Mamuju dan Sekretaris Daerah Mateng Dr. H. Askary Anwar S.Sos.,M.Si sebagai pemateri.

Juga pada momentum tersebut Kepala PMD Mamuju Tengah H. Dzulkifli mengumumkan 3 Desa Yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah mendapatkan Status Desa Mandiri yaitu Desa Topoyo, Desa Karossa dan Desa Tobadak masing-masing di berikan piagam dan lencana sebagai penghargaan.

Penulis: Wentry


0 comments:

Posting Komentar